Wednesday , October 21 2020

Puluhan Rumah Adat Tak Berpenghuni Pada Lembata Terbakar

desain rumah adat

Penempatan patung serta payung khas Bali saja bisa dilirik sebagai ide keren untuk mewujudkan lokasi tinggal ala rumah adat Bali. Dengan adanya ornamen tersebut di taman graha, semakin lengkap pula atmosfer Bali hadir pada pondok Anda. Jika iya, Dikau tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pulau Pulau Dewata tersebut, karena harga rumah di sana ternyata sedang mahal untuk tipe 36 rata-rata harga rumahnya merebut Rp 570 juta.

Bangunan beberapa buway membentuk kesatuan teritorial-genealogis nun disebut marga. Dalam di setiap bilik terdapat sebuah graha klen yang besar dikenal nuwou menyanak. Rumah ini selalu dihuni oleh moyang tertua yang mewarisi kekuasaan memimpin keluarga.

Tebar sebeng, bagian ini berfungsi untuk dinding penutup ruang kepada yang menahan rembesan/tempias uap hujan. Pelamban merupakan gedung tambahan nun dipergunakan untuk ruang tunggu bagi tamu yang baru datang sebelum diizinkan merasuk oleh tuan rumah. Wisma gadang berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat acara kebiasaan, ukuran ruang tergantung dari banyaknya penghuni di rumah itu. Namun jumlah ruangan biasanya ganjil, seperti lima ruang, tujuh, sembilan atau lebih. Sebagai tempat tinggal, rumah gadang mempunyai bilik-bilik dibagian belakang yang didiami oleh wanita yang sudah biasa berkeluarga, ibu-ibu, nenek-nenek serta anak-anak.

Rumah orang Lampung biasanya didirikan dekat sungai & berjajar sepanjang jalan utama yang membelah kampung, nun disebut tiyuh. Setiap tiyuh terbagi lagi ke pada beberapa bagian yang dikenal sebagai bilik, yaitu tempat berdiam buway.

serta jika ditarik garis imajiner, antara ujung atap homo dengan ujung atap lainnya akan menghasilkan bentuk sebuah segitiga sama kaki. Rancangan rumah yang juga kerap dikenal sebagai dengan Suhunan Panjang tersebut sampai kini masih dipakai sebagian masyarakat Kampung Dukuh di Garut. Ciri tertentu lainnya dari Rumah Teater yaitu bentuk atap dengan tinggi dan sedikit senewen.

Kata “Joglo” digabung jadi satu yaitu “Tajug” dan “Loro” yang mempunyai arti menggabungkan dua Tajuq. Tajug adalah bentuk atap seperti sebuah piramida. Konsep rancang bangun Bali yang harmoni secara alam, maka dari itu penggunaan materialnya pun, menggunakan material daripada alam berupa batu, gawang dan juga bambu. Terlebih lagi sekarang ini desain rumah Bali modern telah banyak mengalami pergeseran sebagai ruang publik, semi publik dan juga ruang pribadi. Halaman sebagai ruang public, teras antara halaman & kamar tidur sebagai daerah semi publik yang bisa juga menjadi area pribadi jika dipisahkan dengan taraf panjang.

Rumah ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bangka dengan bentuk atau bahan sebagaimana kayu, rotan, bambu & dedaunan. Rumah Rakit serasi dengan namanya yaitu rumah yang berada di bagi perairan dengan bentuk diantaranya rakit. Mengingat Bangka Kunau terbatasi oleh perairan cantik sungai maupun lautan maka banyak masyarakat Bangka dengan membuat rumah diatas larutan sebagai tempat tinggal serta tempat bisnis ekonomi. Rumah Bubungan Lima, ialah salah satu prototipe hunian tahan banjir, yang merepresentasikan nilai-nilai kebijaksanaan lokal pada masyarakat Bengkulu.

Rumah dengan bimbingan gua menjadi tipikal nun umum di area barat laut China. Terdapat 3 macam tipe rumah gua, yaitu gua di tebing, gua independenm dan tempat tertutup. Hal ini dikarenakan lingkungannya yang dekat secara sumber air seperti danau, sungai, kanal, dan sebagainya. Rumah ini juga memiliki desain yang simple beserta penggunaan warna yang bebas seperti dinding putih, genteng hitam, yang merepresentasikan kehinaan hati masyarakatnya. Rumah kebiasaan Joglo merupakan rumah adat berasal dari Jawa Tengah yang sarat akan nilai.

About Jhontoper

Check Also

Mengenal Desain Rumah Raya Yang Unik

Rumah konvensional Toraja beratapkan batuHal ini dapat dilihat dengan munculnya desain arsitektur modern pada rumah-rumah …