Saturday , May 8 2021

Letusan Toba Pengaruhi Arsitektur Rumah Adat Pengembara Toba

Secara psikologis, wisma dan studio desain mempunyai atmosfer yang berbeda. Rumah biasanya mengedepankan unsur relaksasi dan privasi, sedangkan kantor bersifat profesional. Untuk memisahkan kedua zona ini terjumpa feature wall yang terentang dan mendominasi ruangan.

Jadi, tidak sukarela bangunan bisa menggunakan rumah adat jenis ini. Graha dengan memiliki desain genting Julang Ngapak pada umumnya akan dilengkapi dengan pipit hurang atau cagak gunting di bagian bubungannya. Pada keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk mencegah rembesnya seminar air di bagian kapa-kapa yang terletak di ujung atas rumah. Atapnya ini dapat dibuat dari benda rumbia, ijuk, atau alang-alang yang diikat pada kesimpulan atap dari bambu.

Biasanya, pencedok rumah jenis ini umumnya tinggal di pedesaan serta dari kalangan masyarakat dengan status sosial menengah di bawah. Bedanya, ujung atap Tajug berbentuk segitiga untuk lambang keabadian dan keesaan Tuhan. Seperti yang dijelaskan di atas, Joglo merupakan tempat tinggal bagi ningrat atau mereka yang mempunyai status sosial tinggi. Nama joglo merupakan gabungan daripada dua kata, ‘tajug’ & ‘loro’, maksudnya penggabungan dua atap yang berbentuk ‘tajug’, atau gunung.

Rumah lamin memiliki sifat yang mengutamakan fungsi dari bangunannya. Namun tetap tidak menghilangkan ciri khususnya yang terdapat ukiran pada sisi bangunannya khusus dan mengandung arti khusus. Rumah Lamin terbagi atas ruangan dapur, tidur, & ruangan tengah guna nampi tamu atau pertemuan adat. Bentuk tangga ini bukan berbeda antara rumah getah perca bangsawan dan rakyat gembel. Memang, rumah Tajug tradisional dianggap sebagai jenis rumah nun dimurnikan.

Selain sosoknya yang bisa diterjemahkan beserta berbagai sudut pandang, tentu saja menarik untuk mempercakapkan sejarah dan struktur bangunan rumah adat Jawa tersebut. Material bangunan menggunakan Kayu Besi Aliwowos sebagai kerangka utama. Untuk material papan lantai, lembar seri pagar dan plafon menggunakan Gawang Nyatoh. Rumah adat Kesultanan merupakan jenis bangunan dengan banyak digunakan masyarakat Jawa sebagai hunian.

Di bukunya ini, Imelda tak berbicara tentang bangunan karya Liem Bwan Tjie, nun lahir di Semarang di 1891; Aboekasan Atmodirono; atau Frederick Silaban. Mendiskusikan siapa arsitek pertama Indonesia hanya untuk memberi fondasi di dalam pemikiran bahwa arsitektur Indonesia tidak melulu tentang bangunan tradisional dan kolonial. Imelda justru membahas 19 wisma dari 19 arsitek yang dibangun dalam lima tahun terakhir. Bangunan ini memiliki ciri bentukan yang menyalin serta memanjangBerbeda dari rumah adat lainnya.

Karenanya menggali kearifan budaya lokal merupakan upaya penyatuan lokalitas dengan modernitas, meyatukan yang lama dengan nun baru. Sehingga #PakTukang etiket dapat mewujudkan rumah adat yang memiliki masa depan. Bagi yang berdomisili pada Jogja hingga Jawa Pusat pasti tidak asing secara Rumah Joglo.

Graha Lancang atau Pencalang adalah nama salah satu Wisma tradisional masyarakat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Kecuali nama Rumah Lancang atau Pencalang, Rumah ini pula dikenal dengan sebutan Rumah Lontik.

Sedangkan nama Lontik dipakai karena bentuk perabung atapnya melentik ke kepada. Hal ini karena sebagian besar rumah terletak pada daerah perbatasan dengan Sumatera Barat. Keunikan rumah Melayu Atap Lontik adalah memilikinya anak tangga dengan total lima atau ganjil.

desain rumah adat

Upacara -upacara tersebut tetap disesuaikan dengan situasi, kebiasaan dan kebiasaan setempat. Ketiga, Capit Gunting karena rumah adat itu bentuk atap rumah menyerupai capitan gunting. Keempat, Tagog Anjing, rumah adat kental mirip posisi seekor anjing yang sedang duduk. Memikat garis lurus dengan feature wall di studio desain lantai dua, terdapat gerbang pivot setinggi dan selebar tiga meter menyerupai benteng kamuflase yang menyimpan kesenangan di baliknya. Pintu ini mengarah ke area innercourt yang terbentang ke bingkai utara.

About Jhontoper

Check Also

Mengenal Desain Rumah Raya Yang Unik

Rumah konvensional Toraja beratapkan batuHal ini dapat dilihat dengan munculnya desain arsitektur modern pada rumah-rumah …