Monday , May 10 2021

Desain Interior Rumah Tradisional Yang Eksotis Dan Menawan

desain rumah adat

Seperti kolam renang perseorangan di halaman belakang, dataran rumput dan pijakan kaki dengan berbentuk bulat menuju tangga, serta tanaman bunga. Model rumah Joglo yang syahdu namun tetap mewah tatkala bangunan dibentuk seperti huruf L. Kemudian bangunan wisma dibuat dengan desain interior yang cukup mewah, & di luarnya dilengkapi dengan kolam renang yang gede halaman rumput yang sedang luas.

Sesi aula untuk menerima tamu, terdapat juga beberapa lubang yang terdiri dari ruang utama dan kamar putri yang disebut dengan tembok gedang dan bilik putri. Musalaki merupakan rumah konvensional penduduk Nusa Tenggara Timur di masa lalu. Sedangkan bentuk atap dan menyeluruh rumah sedikit mirip secara rumah Joglo. Rumah etiket dari Madura ini punya sedikit perbedaan yang mencolok, yaitu terdapat penghalang tiang setinggi lutut yang mirip dengan pagar di sesi teras rumah.

Tentang hal untuk bagian atap, bahan yang digunakan berupa para-para tanah, alang-alang, ijuk ataupun sejenisnya yang sesuai beserta kemampuan finansial pemilik wisma Bali. Rumah adat Joglo yang bangunannya tidak diubah, dan tetap sama seperti yang asli bisa dihias dengan beberapa sarana menarik.

Wisma Adat Bale Bander banyak menggunakan material anyaman bambu, yang menjadi ciri utama bangunan ini. INDONESIA terkenal dengan kekayaan budaya, khilaf satunya rumah adat nun sarat akan nilai-nilai terkemuka budaya Indonesia.

desain rumah adat

Berikut 10 rumah adat terpopuler dibanding berbagai wilayah di Nusantara menurut survei Litbang KORAN SINDO. Rumah yang enak, bagus dan nyaman umumnya selalu identik dengan ukuran yang besar, lahan luas dengan desain yang necis.

desain rumah adat

Bangunan ini berupa rumah panggung, dengan ketinggian 1 sampai 1, 5 meter dari permukaan tanah. Rumah Betang merupakan graha adat Suku Dayak nun banyak tersebar di Kalimantan. Selain sebagai tempat hunian, rumah adat ini dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan warga dan upacara adat. Model rumah ini cukup semampai guna menghindari serangan satwa buas maupun serangan suku lain. Selanjutnya Rumah Adat Bale Bander yang digunakan sebagai tempat tinggal pejabat desa sekaligus pengadilan.

Namun memiliki rumah diantaranya itu tentu tidak gampang apalagi harga tanah bertambah tahun semakin mahal. Graha adat ini memiliki tangga di sebelah kanan & kiri yang berguna untuk masuk serta keluar.

Dari luar, bentuknya terlihat mirip dengan candi Hindu, dengan ciri khas ukiran-ukiran di bagian dinding dan aneka patung. Wisma ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu pendapa dan ndalem (kamar tilam, ruang keluarga, dan ruang-ruang lain yang lebih privasi). Hampir seluruh bagian rumah terbuat dari kayu, hanya bagian atap yang berbahan daun tenun. Dengan tanda lain, rumah adat dibangun dengan memperhatikan budaya dan kebiasaan atau kepercayaan dari para leluhur atau titisan moyang.

Yang berarti masyarakat Jawa dengan senang hati menerima tamu bahkan si pemilik rumah akan mengomando para tamunya untuk menganggapnya sebagai rumah sendiri. Pola arsitektur Bali yang kental dengan alam secara integritas juga didukung oleh dekorasi dari aneka tanaman tropis. Perlu sobat ketahui, ada berbagai tanaman tropis yang identik dengan nuansa graha khas Bali. Sobat demi memelihara aneka tanaman itu untuk memperkuat kesan hunian bergaya Bali. Berbeda secara masyarakat biasa, golongan darah biru menggunakan tumpukan bata.

About Jhontoper

Check Also

Mengenal Desain Rumah Raya Yang Unik

Rumah konvensional Toraja beratapkan batuHal ini dapat dilihat dengan munculnya desain arsitektur modern pada rumah-rumah …