Thursday , September 24 2020

8 Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Gambar Serta Penjelasannya

Rumah konvensional Lamin ini berasal dari pulau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur. Dengan desain dengan unik dan sangat lekat dengan kesan seni pasti akan memberikan kesan berbeda pada rumah anda nantinya. Tidak seperti gaya semasa yang cenderung tampak ramping dan berupa ‘garis lurus’, gaya tradisional cenderung mengendalikan desain yang halus dan berbentuk lengkung. Jika Anda perhatikan pola batik, ukiran keris, patung-patung kayu, ataupun garis-garis pada kain songket, Anda akan menemukan keseimbangan, konsistensi, dan detail. Desain interior rumah gaya etnis yang menggunakan konsep klasik umumnya memiliki banyakfocal pointyang diwujudkan melalui detail furnitur dan ornamen serta menunjukkan skala dan proporsi.

Suku dayak timur yang menjadi masyarakat Kalimantan Timur membangun rumah etiket bernama Lamin. Secara sekilas, rumah tradisional dayak itu mirip dengan rumah Jenjang. Tetapi bila diukur, ukurannya lebih besar dua periode lipat, yaitu sekitar 300 meter x 15 meter x 3 atau 5 meter.

desain rumah adat

Rumah adat Indonesia yang berasal dari Riau bernama Selaso Jatuh Kembar. Rumah konvensional Riau ini berbentuk panggung memiliki dua selasar, pantas dengan arti makan Selaso Jatuh Kembar. Selasar yang lebih rendah digunakan untuk berkumpul keluarga atau disebut balai. Sebagai generasi segar, sudah seharusnya kita mengetahui bentuk dan penjelasan wisma tradisional yang menjadi peninggalan leluhur kita.

desain rumah adat

Wisma ini berbentuk lingkaran tersembunyi tanpa jendela dan hanya pintu. Sedangkan dua gapura rumah adat sisanya dimanfaatkan untuk pulang balik para tamu. Banyaknya pintu rumah konvensional ini menjadikannya sebagai wisma asli Indonesia dengan pintu terbanyak.

Tidak jarang lagi, rumah tradisional Belitung saja menjadi tujuan wisata akal budi dan adat. Rumah Sampul ukurannya tidak terlalu raksasa dan memiliki teras dalam bagian depan dan sebelah rumah. Bagian tengah graha asli Sumatera Selatan itu terdapat ruangan kecil buat tempat tinggal. Meski bertandang dengan Riau, namun rumah kuno kepulauan Riau punya ciri khas dan perbedaan.

Terdapat empat hingga enam tiang yang menyangga syarah rumahnya. Tetapi, ada nun menarik dari desain wisma adat Minangkabau ini. Potongan atap dibuat dengan bervariasi penyebutan, seperti jelopong, kano kurep, badak heuay, buka pongpok, tegong anjing, jubleg, dan apit gunting.

Diantaranya halnya Joglo Ksatrian dampak karya MOM Architect, konsep klasik ditonjolkan melalui focal point detail furnitur serta lampu gantung klasik, walaupun tidak terlalu berlebihan. Postulat ini dapat menampilkan ruangan tampak lebih mewah, elegan, dan mengingatkan kita bakal masa lampau. Rumah kebiasaan mulasaki adalah rumah kebiasaan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, jadi intim sama rumah adat Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, benda-benda yang dianggap suci saja disimpan di ruamh kuno ini. Pada bagian atap graha dibangun menggunakan genteng untuk melindungi dari panas serta hujan.

About Jhontoper

Check Also

Inspirasi Rumah Adat Yang Cocok Untuk Desain Rumah Minimalis

Di zona yang sama juga ditemui bangunan perahu Korakora rahu yang adalah perahu tradisional asli …