Thursday , September 24 2020

7 Contoh Rumah Adat Pada Indonesia Dengan Desain Berbeda

desain rumah adat

Disamping sebagai tempat tinggal, juga siap berfungsi sebagai tempat persetujuan keluarga, tempat mengadakan upacara, pewarisan nilai adat serta acara lainnya. Bentuk rumah gadang sendiri dapat diibaratkan seperti bentuk kapal, mungil dibawah dan besar diatas.

desain rumah adat

Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Subur Indonesia, Hari Santoso Sungkari mengatakan, rumah adat kudu jadi inspirasi. “Ekonomi manis itu sebenarnya harus menjadikan kearifan lokal tapi dibungkus dengan hal berbau ternama, ” ujarnya di interval penyerahan Asia Young Designer Award digelar Nippon Paint, akhir pekan lalu. Ruangan ini berfungsi untuk aksi anggota keluarga dan berisi dari tiga senthong sesuai yang ditemukan pada joglo Jawa Timur.

Buat membangun Mbaru niang, diperlukan kayu bulat yang panjangnya meter. Kayu ini giat sebagai tiang pancang utama rumah, dimana ditanaman ke dalam tanah sedalam 2-3 meter. Jenis rumah itu terbilang ramah lingkungan, sebab seratus persen menggunakan bahan dari alam.

Selain tiang, material lainnya yang dibutuhkan yakni rotan dan jerami atau ilalang. Rumah ialah salah satu bangunan nun dijadikan tempat tinggal manusia selama jangka waktu tertentu. Sejak pertama manusia menyigai bumi hingga sekarang, duga banyak jenis rumah dengan telah diciptakan manusia, daripada disain sederhana hingga paling rumit. REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Bangunan graha adat yang dimiliki kental seluruh suku di Indosia, sudah seharusnya menjadi sumber inspirasi arsitek Indonesia.

Arsitektur igloo terhitung simple, terdiri dari 2 bagian, pertama berupa terowongan tempat pintu masuk berona silinder, dan kedua berona kubah sebagai ruangan utama. Di ruangan utama, dapat dibuat jendela atau ventilasi sehingga cahaya bisa wajar masuk.

desain rumah adat

Bangunan Joglo yang digunakan oleh masyarakat Jogja mempunyai bentuk serta arsitektur yang hampir tentu dengan joglo Jawa Sentral. Terdapat beberapa tiang lain yang digunakan untuk menyokong atap bagian tepi, yang mana jumlahnya disesuaikan secara luas dan ukuran pendopo joglo. Dalem atau lapangan utama merupakan ruang karakter di mana pemilik rumah dan seluruh anggota rombongan dapat beraktivitas. Atap joglo yang berbentuk hargo atau tajug ditopang sama tiang utama yang berjumlah 4. Tiang utama ini dinamakan Soko Guru dengan melambangkan kekuatan dari 4 penjuru mata angin.

Keunikan lainnya, papan gawang yang membentuk dinding dan lantai rumah tidak disatukan melalui pemakuan, namun beserta cara diikat atau ditumpuk dengan sistem kunci. Dengan cara kuncian ini, graha tongkonan konon dapat menetap hingga puluhan tahun.

Hal ini menerbitkan temperatur di dalam ruangan relatif tetap, hangat di musim dingin dan tenteram di musim panas. Palafito merupakan jenis rumah dengan banyak ditemukan di daerah pesisir. Rumah ini sudah menjadi identitas beberapa semesta yang kotanya banyak dibangun berdekatan dengan pantai, sebagaimana Chili, Argentina, dan Peru. Selain indah dipandang mata, tumbuhan yang menutupi genting dan dinding berfungsi sebagai isolator alami, menahan udara dingin di Islandia. Turf juga dibangun dengan pondasi dari batu dan memakai material pohon Birch / Oak yang banyak berkembang di sana.

Tiga puluh persen negara Islandia tertutupi oleh hutan dan ini sangat mempengaruhi adat warga setempat dalam membangun sebuah hunian. Hal itu tercermin pada atap dan pagar rumah mereka ditutupi sejenis rumput hijau di atasnya, Turf. Haengrangchae, yaitu bagian ruangan untuk tempat tinggal pelayan, berada dekat pintu masuk. Omah njero, ialah bagian utama dari joglo, berisi ruang tamu & ruang keluarga.

About Jhontoper

Check Also

Inspirasi Rumah Adat Yang Cocok Untuk Desain Rumah Minimalis

Di zona yang sama juga ditemui bangunan perahu Korakora rahu yang adalah perahu tradisional asli …