Thursday , October 29 2020

5 Jenis Rumah Adat Jawa Sentral

desain rumah adat

Ketika guncangan terjadi Rumah Gadang akan bergeser secara fleksibel seperti menari di atas karang datar tempat tonggak atau tiang berdiri. Begitu juga setiap sambungan yang dihubungkan oleh pasak kayu saja bergerak secara fleksibel, sehingga Rumah Gadang yang dibangun secara benar akan santai terhadap gempa.

Bagian dinding rumah kebiasaan ini dibuat dari anyaman buluh yang memiliki lubang imut layaknya rumah tradisional di umumnya. Nah, tujuan dibuatnya lubang tersebut yaitu guna menjadi jalan atau tempat keluar masuknya udara, agar rumah tidak terlalu panas. Letusan Gunung Toba 74. 000 tahun lalu turut mempengaruhi pola rumah kebiasaan masyarakat Batak Toba, dalam Sumatera Utara. Rumah etiket dibangun dengan kearifan lokal, mulai dari struktur dengan tahan gempa, fungsi ruangan, sampai ukiran hiasannya. Pemecahan untuk perubahan desain bangunan yang dapat dilakukan adalah membangun rumah adat sesuai mestinya.

Rumah adat dari Jawa Tengah Panggang Pe merupakan bentuk dasar dari spesies bangunan rumah adat yang lain. Bangunan yang dioperasikan sejak tahun 1996 tersebut digunakan sebagai gerbang terpenting dari Taman Hiburan Efteling. Bangunan setinggi 52 meter dan luas atap 4500 meter persegi itu merupakan bangunan berkonstruksi kayu beserta atap jerami yang popular di dunia menurut Guinness Book of Records. Olehkarena itu wilayah Minangkabau rawan gempa sejak dulunya karena berpengaruh di pegunungan Bukit Kaum, maka arsitektur Rumah Hebat juga memperhitungkan desain dengan tahan gempa.

Misal, jangan dipaksakan membangun rumah adat dengan luas jika memang ladang terbatas. Honai, merupakan identitas untuk rumah adat suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Tanah Jawa mewariskan sejarah dan budaya luhur yang wajib dilestarikan. Tiruan warisan budayanya adalah rumah adat yang memiliki petunjuk tersendiri baik dari desain arsitektur maupun filosofinya. Dibanding rumah adat yang lain, rumah adat Panggang Pe adalah yang paling sedang.

Dengan demikian rumah adat jenis itu lebih tahan terhadap air hujan dan tidak bakal terjadi kebocoran. Selain mempunyai penampilan yang terlihat gampang dan menarik, rumah yang satu ini juga luar biasa cocok dihuni keluarga kecil yang bahagia. Bagi Kamu yang memiliki keluarga kecil, rumah ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat tinggal.

desain rumah adat

Struktur konstruksi Rumah Honai terdiri dari dua lantai dan terdiri dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Wisma ini model rumah teater dan memiliki anak tangga berjumlah ganjil. Selain kerangka genteng yang sepert bukit, ciri khas Rumah Kebiasaan Jawa Tengah adalah pemanfaatan kayu di beberapa panduan utama untuk menopang wisma. Nuansa kayu menampilkan faktor alami dengan elemen nun belum terfabrikasi.

desain rumah adat

About Jhontoper

Check Also

Mengenal Desain Rumah Raya Yang Unik

Rumah konvensional Toraja beratapkan batuHal ini dapat dilihat dengan munculnya desain arsitektur modern pada rumah-rumah …