Thursday , September 24 2020

5 Detail Desain Interior Tradisional Dengan Wajib Terdapat

desain rumah adat

Berbicara mengenai filosofi tidak dapat dipisahkan dari beberapa sesi yang terdapat dalam graha tradisional joglo. Joglo segar tidak harus menggunakan tiang jati tetapi dapat mempergunakan alternatif bahan yang bertambah terjangkau. Nama joglo swasembada diperoleh dari atap konstruksi yang berbentuk piramida. Model rumah tradisional tersebut intim sama untuk joglo Jawa Tengah dan joglo Jawa Timur. Mungkin sedikit pertarungan muncul pada tata letak serta detail yang tidak sama.

Untuk menyambung bagian-bagian kayu, mereka menggunakan paku dari bambu. Rumah umat Sasak hanya memiliki homo pintu berukuran sempit serta rendah, tidak memiliki jendela. Seperti dikutip dari Wisatadilombok. com, rumah adat umat Sasak dibuat dari jerami dan berdinding anyaman bambu.

desain rumah adat

Rumah adat pertama ialah rumah adat Tongkonan beserta bentuk elegan yang menjadi kebanggaan suku Toraja. Untuk itu, Anda juga bisa mengkombinasikan model rumah adat dengan gaya rumah segar.

Kebanyakan graha Bali menggunakan lampu hias karena memang orang Bali sangat menyukai seni dan keindahan. Selain lantai konvensional yang digunakan, batu tempat bisa menjadi kombinasi di lantai. Batu alam pada lantai selain bertujuan guna mempercantik ruangan juga agar lantai tidak licin. Beserta memberikan bunga pada tepas rumah akan menjadikan ruangan Anda tampak asri serta terasa sejuk walaupun sedang berada di dalam graha. Ditambah lagi dengan potnya yang besar serta punya ukiran atau pahatan dengan indah.

desain rumah adat

Anda pun bisa menjelmakan rumah adat sebagai inspirasi rumah Anda, dengan banyaknya bentuk rumah adat unik, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda tidak bakal kekurangan pilihan. Bahkan buat beberapa jenis rumah etiket, bentuknya hampir tidak pernah mengalami perubahan dari setiap generasinya serta menjaga otentisitas bentuk awalnya.

Meskipun kental dengan nuansa Jawa, kini kehadiran joglo semakin sulit untuk ditemukan. Ada beberapa taktik yang membuat masyarakat modern kurang berminat untuk menyusun joglo sebagai tempat tinggal. Selain agar tampak unik dan keren, memilih menggunakan wujud rumah adat juga ialah hal yang baik buat pelestarian budaya Indonesia. Taktik ini tampak dari hasil karya mereka yang begitu pendatang biasa keren dan berbeda, dan ini juga terlihat pada rumah adat nun berasal dari Aceh. Perbedaannya terletak pada tangga rumah yang jauh lebih cepak, dan juga jenis bahkan model atap yang digunakan.

About Jhontoper

Check Also

Inspirasi Rumah Adat Yang Cocok Untuk Desain Rumah Minimalis

Di zona yang sama juga ditemui bangunan perahu Korakora rahu yang adalah perahu tradisional asli …