Wednesday , October 21 2020

35 Rumah Adat Indonesia

Pada filosofi ini, setiap ruangan hanya boleh dimasuki sama orang-orang tertentu saja, terserah dari usia, jenis kelamin, serta pangkat orang ini. Berdasarkan bentuk atapnya, Graha Belah Bubung terbagi sebagai beberapa jenis.

Bangunan ini terbuat dari tiang dengan warna utama merah, hitam dan kuning. Walaupun masih menggunakan tiang-tiang menjulung khas rumah tradisonal Dayak, model Rumah Baloy terhitung cukup modern. Rumah Baloy sendiri disebut sebagai penjelasan Rumah Panjang dari Suku Dayak. Rumah Lamin terbuat dari kayu ulin / kayu besi yang terkenal kokoh dan tahan lelet. Ukiran ini tak cuma sebagai hiasan, tapi juga dipercaya sebagai pelindung dari bahaya ilmu hitam.

desain rumah adat

Rumah tradisional Jawa yang cocok dibangun pada area pemukiman yang cukup padat diantaranya pada gambar di kepada. Bangunan atapnya berbentik prisma segitiga terbaring, dibuat dengan teras dan pagar gawang. Selanjutnya rumah adat Jawa juga bertransformasi menjadi bertambah sederhana dan simpel dengan kedua sisi atap wisma berbentuk segitiga. Serta terdapat bagian peneduh yang biasanya diletakkan di atas pokok.

Selain itu, ada pula wisma adat Mbaru Niang dalam Desa Wae Rebo, Manggarai. Rumah ini mudah dikenali dari bentu atap nun mengerucut dan menyerupai satu buah tenda. Ukurannya pun cukup besar, karena dalam satu bangunan bisa terdiri daripada lima tingkatan rumah. Rumah adat Bali biasanya ditandai dengan keberadaan gapura candi bentar.

Gapura yang berperan sebagai pintu masuk graha ini memiliki ukiran nun unik sehingga menyerupai sebuah candi. Setelah memasuki rumah, pengunjung akan menemukan mampir atau tempat bersembahyang masyakarakat Hindu Bali. Dinding wisma biasanya dibuat dari anyaman buluh, tiang rumah terbuat dibanding kayu dan atap wisma terdiri dari susunan ijuk. Bagian rumah terdiri daripada serambi untuk pertemuan mungil, pusiban untuk tempat musyawarh resmi, ruang tetabuhan guna menyimpan alat musik konvensional, serta ruang gajah menokok sebagai tempat beristirahat. lazimnya dibangun dari material bambu sebagai pelampung, serta benteng dari bahan kayu.

Rumah Joglo bisa Anda jadikan sebagai inspirasi buat membangun tempat tinggal berlebih-lebihan, megah seperti pada dasarnya bangunan tersebut. Sekaligus jadi tempat tinggal yang unik serta memiliki nilai estetika sedang tinggi seperti pada kaum contoh di bawah itu. Hal tersebut sangat perlu untuk dilakukan karena di setiap tahunnya rumah adat ini akan mendapatkan perawatan spesial yang akan membuat tampilannya tetap bagus di tanda depan. Selanjutnya yang sudah banyak dikenal adalah wisma adat Suku Toraja nun disebut Rumah Tongkonan.

desain rumah adat

Meskipun desain dan bentuk rumah Joglo cukup kuno, tetapi Anda bisa menambahkan beberapa ruang dan saluran mewah. Agar rumah itu terkesan cukup klasik namun tetap elegan dan kekinian.

About Jhontoper

Check Also

Mengenal Desain Rumah Raya Yang Unik

Rumah konvensional Toraja beratapkan batuHal ini dapat dilihat dengan munculnya desain arsitektur modern pada rumah-rumah …