Thursday , April 22 2021

√ Rumah Adat Joglo

desain rumah adat

Hal inilah dengan menimbulkan stigma di masyarakat bahwa joglo merupakan tempat tinggal untuk kaum merentangi ke atas dengan pengaruh ekonomi yang tinggi. Walakin terlihat sangat tradisional serta melambangkan keagungan masyarakat Jawa, ternyata joglo bukanlah dampak karya dari masyarakat Jawa asli. Joglo mempunyai atap dengan bentuk yang pas unik, yaitu menyerupai piramida atau bentuk gunung. Rumah adat dengan model serupa ini sangat cocok untuk Kamu yang memiliki keluarga gede, ataupun sering mengadakan satu buah acara dalam rumah. Selain dijadikan sebagai hunian, graha adat Panjang juga biasanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang antik suku dayak.

Lokasi rumah merupakan khilaf satu hal yang urgen untuk dijadikan pertimbangan sebelum membeli atau membangun graha. Faktor utamanya sangat terkait erat dengan harga & akses rumah tersebut. Perlu diketahui bahwa rumah nun terletak di tengah metropolitan memiliki akses jalan yang sangat mudah. Nah, di dalam bagian lantai rumah itu bukan terbuat dari keramik atau semen lho.

Padahal lantainya terbuat dari bambu yang sudah dipotong-potong jadi beberapa bagian. Oleh masyarakat sekitar lantai bambu itu biasanya disebut dengan pelupuh. Penggunaan bambu sebagai lantai bertujuan untuk menjaga kelembaban dalam rumah.

Tentu saja menghasilkan rumah dengan mengadopsi wujud rumah adat aslinya ialah sebuah pekerjaan yang bukan mudah untuk dilakukan. Kerangka dan model rumah adat pun berbeda-beda, sesuai lokasi ataupun daerah dimana ia berasal. Jika Anda mau mendapatkan sentuhan khas Bali pada rumah Anda, Kamu bisa memberikan taplak meja, sarung bantal yang bermotif catur hitam putih.

Cara membuat lantai seperti itu sudah diwarisi sejak nenek moyang mereka. Bahan bangunan seperti kayu dan bambu didapatkan dari lingkungan kira-kira.

desain rumah adat

Atap joglo Jawa Timur berbentuk brunjung dengan tiga tingkatan yang ditopang oleh 4 pilar yang utama atau Soko Guru nun melambangkan empat arah emas tempawan angin. Dari segi arsitektur, joglo Situbondo mempunyai wujud dara gepak atau limas yang cukup berbeda dengan joglo Jawa Tengah. Jika dilihat sekilas, Anda kiranya tidak dapat menemukan perbedaan dari arsitektur kedua gedung joglo tersebut. Beragam inspirasi rumah modern dengan susunan joglo mampu mendefinisikan kembali makna rumah modern. Apabila Anda tertarik untuk membangun sebuah joglo, sangat penting untuk mengetahui filosofi-filosofi yang diyakini oleh masyarakat Jawa dalam sebuah bangunan berpanggilan joglo.

Orang Sunda memiliki suatu filosofi dengan unik dan tentunya jarang dimiliki oleh daerah unik. Filosofi tersebut yaitu hal arah matahari yang terkuak dan terbenar merupakan unik arah yang bagus. Kira masyarakat Sunda yang bertempat tinggal di pelosok provinsi, mereka masih sangat lengket dengan kebudayaan dari leluhurnya. Kehidupannya cenderung lebih mendalam dengan alam dan seluruh sesuatu yang tradisional.

Bahkan hiasan ruangan berupa arca Loro Blonyo yang saja berbentuk sepasang laki-laki dan perempuan berpakaian adat Jawa juga bisa diletakkan pada dalam ruangan. Selain cantik dan klasik, dekorasi seperti ini juga akan dapat sekali lalu memamerkan keragaman budaya Nusantara yang kental di pada ruangan. Campuran tanah liat dan kotoran kerbau membuat lantai tanah mengeras, sekeras semen.

Selain itu, jika Anda memiliki patung di dalam rumah juga Anda bisa balutkan tilam catur pada patung ini. Maksud dari zonasi nun tepat pada ruangan kamar adalah jika Anda mengigaukan rumah dengan nuansa adat Bali, tentunya Anda kudu memberi sentuhan Bali.

Selanjutnya ialah wisma adat unik yang bermula dari pulau Borneo, graha Panjang. Namun jika Anda ingin, Anda bisa sekadar sedikit memodifikasi ruangan bagian dalamnya untuk dijadikan untuk tempat yang memiliki kegunaan lain.

About Jhontoper

Check Also

Mengenal Desain Rumah Raya Yang Unik

Rumah konvensional Toraja beratapkan batuHal ini dapat dilihat dengan munculnya desain arsitektur modern pada rumah-rumah …